Wednesday, August 22, 2018

Keindahan Alam Bawah Laut dan Terumbu Karang Raja Ampat

Setiap penggemar wisata alam, pasti kenal dengan Pulau Raja Ampat. Baik mengenalnya sekedar dari artikel, atau mungkin pernah datang langsung mengunjungi pulau – pulau cantik di Raja Ampat ini.
Bagi Anda yang pernah mengunjungi Raja Ampat, Anda tentu setuju kalau Raja Ampat memang pantas disebut sebagai surga wisata alamnya Indonesia. Ya, Raja Ampat merupakan sebuah gugusan kepulauan yang mewarisi berjuta keindahan alam tanpa batas.
Raja Ampat secara administratif merupakan suatu kabupaten yang berlokasi di Papua Barat, tepatnya di barat bagian Kepala Burung (Vogelkoop) dari Pulau Papua, atau sekitar 50 mil dari Sorong.
Di dalam kabupaten Raja Ampat ini terdapat empat gugusan pulau besar yang terdiri dari Pulau Waigeo, Pulau Misool, Pulau Salawati, dan Pulau Batanta.
Kombinasi alam dari gugusan pulau – pulau inilah yang menjadikan Raja Ampat begitu spesial. Terutama, potensi alam terbesar dari kepulauan ini terletak pada wilayah perairannya.
Keindahan wisata alam berupa perairan yang dimiliki oleh kepulauan ini sungguh pantas dibanggakan sebagai sebuah destinasi wisata kelas dunia.
Kekayaan alam bawah laut Raja Ampat memang bukan isapan jempol semata. Sudah banyak ahli yang melakukan riset di Raja Ampat, dan kemudian menyatakan hal yang senada.
Setidaknya, ada tim ahli dari Conservation International, The Nature Conservancy, dan juga dari Lembaga Oseanografi Nasional (LON) serta Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) yang sempat mengadakan penelitian di tahun 2001 dan 2002.
Hasil penelitian mereka berhasil membuktikan bahwa di dalam perairan di kepulauan Raja Ampat ini, hidup lebih dari 540 jenis karang keras, lebih dari 1000 jenis ikan karang, serta lebih dari 700 jenis moluska.

Spot Terkaya dengan Terumbu Karang

Di salah satu wilayah perairan di Raja Ampat, ada juga bagian yang sangat kaya dengan terumbu karang. Tempat ini adalah di daerah Selat Dampier yang berada di antara Pulau Waigeo dan Pulau Batanta, Pulau Kofiau, Pulau Misool Tenggara serta Pulau Wayag.
Kawasan terumbu karang di tempat – tempat ini sangatlah baik dan terjaga kealamiannya. Kondisi penutupan karang hidup yang ada di tempat ini bahkan mencapai hampir 90 %.
Kekayaan alam bawah laut dari Raja Ampat ini memang sangat menarik, terutama bagi para penyelam. Bahkan, banyak dari pengunjung Raja Ampat ini justru datang dari para penyelam internasional.
Meski keindahan terbaik ada di alam bawah lautnya, namun Raja Ampat ini tetap memiliki pesona yang indah di atas pulaunya yang juga bisa dinikmati.

Jadi, bagi Anda yang bukan penyelam, Anda pun bisa datang dan berkunjung ke Raja Ampat dan tetap merasakan sensasi menyenangkan dari sini.