Wednesday, August 22, 2018

34 TEMPAT WISATA DI LOMBOK YANG BIKIN SIAPAPUN AKAN TAKJUB DENGAN KEINDAHANNYA

1. Hamparan padang savanna di pinggir tebing: Lingkoq Datu, Pantai Penyisok

Anda pasti akan bertanya-tanya apakah tempat seindah ini benar-benar ada di Indonesia?

2-1-Lingkoq-Datu-by-zoeraa_
Photo via zoeraa

Perpaduan hamparan padang savana yang membentang hijau, birunya Samudera Hindia yang tak terbatas, serta tebing karang yang berlapis-lapis berwarna keemasan membuat Anda seolah-olah sedang berada di benua lain!

Surga tersembunyi ini bisa Anda temukan di Kecamatan Jerowaru yang terkenal akan sejuta pesona wisata nan memukau.

2-2-Lingkoq-Datu-by-Lombok-Travel-Buddy
Photo via Lombok Travel Buddy

Untuk menuju ke sini Anda harus melalui ladang jagung dan bebatuan terjal. Namun semua usaha tersebut langsung terbayar lunas begitu melihat kemegahan alam yang ada di baliknya.

2-3-Lingkoq-datu-via-yundybhakti,-helloreinz
Photo via yundybhakti, helloreinz

Karena sulit dicapai, tempat ini masih belum banyak dikunjungi oleh wisatawan, sehingga kondisinya masih tergolong perawan. Untuk menuju ke sini sebaiknya menggunakan sepeda motor dan jangan ragu untuk bertanya kepada warga setempat.

2. Kagumi pemandangan Gunung Rinjani yang megah : Taman Wisata Pusuk Sembalun

Ingin melihat pemandangan megah Gunung Rinjani di antara kabut dan awan tanpa harus mendaki?

Photo Via Adhy_nata

Datanglah ke Taman Wisata Pusuk Sembalun, di mana Anda dapat menikmati pemandangan pegunungan yang menakjubkan tanpa aktivitas fisik, pada ketinggian 1.250 meter di atas permukaan laut.

Photo Via _Sendalljepit_

Meski perjalanan ke atas cukup berangin, Anda akan disuguhi pemandangan hutan yang indah, perbukitan, sawah dan kebun stroberi di sepanjang jalan. Begitu sampai di sana, Anda bisa beristirahat dan menikmati pemandangan indah dari gazebo.

Jika Anda membawa makanan untuk piknik, pastikan untuk menjaganya dari tangan jahil monyet liar di sini!

3. Peninggalan jaman penjajahan Belanda yang masih kokoh berdiri: Jembatan Gantung Kuno berusia 84 tahun

Dibangun pada tahun 1932, jembatan gantung setinggi 100 m di Lombok Barat ini memiliki banyak cerita. Misalnya, besi padat yang digunakan untuk membangunnya berasal dari Australia, para ahli konstruksinya dibawa dari Jawa, dan jembatan ini pernah rusak dua kali akibat diterjang oleh arus!

Di masa kejayaannya, jembatan ini memainkan peran penting dalam menghubungkan daerah-daerah terpencil sebelum ada jalan. Sekarang, jembatan ini hanya dilalui oleh sepeda dan muda-mudi yang nongkrong di sore hari.

Photo Via Irsyadrobbani31

Di bawah jembatan mengalir sungai yang menghubungkan Dusun Kelebut dan Nyurlembang. Awas jangan sampai kehilangan keseimbangan saat melintasinya!

Photo Via Kristinakomala

4. Keindahan panorama Gunung Rinjani dan hamparan sawah dari atas bukit: Bukit Pergasingan

Bisa jadi ini adalah pemandangan paling spektakuler yang akan Anda temukan di Lombok.

Photo via eben_m.zain_

Petak-petak sawah dan kebun-kebun warga yang berwarna-warni dan dikelilingi deretan pegunungan tinggi, ditambah langit biru yang membentang amat sangat menyejukkan mata.

Photo via iand_azhar

Dari tempat yang kini telah menjadi taman wisata alam ini Anda bahkan dapat melihat kemegahan Gunung Rinjani.

Berdiri di ketinggian 1.670 meter di atas permukaan laut atau sekitar 673 meter dari dataran Sembalun, Bukit Pergasingan  bisa didaki selama 2 – 2,5 jam dan sering dijadikan tempat latihan sebelum mendaki Gunung Rinjani.

Photo via bebaspergi

Bahkan sekarang bukit ini telah dimanfaatkan sebagai lokasi berbagai aktivitas menantang, seperti paralayang, sepeda gunung, dan lain sebagainya.

Photo via imed.cgz_

Kami sarankan Anda untuk sempatkan diri bermalam dan mendirikan tenda di sini supaya bisa menangkap panorama sunrise nan indah yang muncul dari balik Gunung Rinjani.

Bukit Pergasingan

Lokasi: Desa Sembalun, Kecamatan Sembalun, Lombok Timur
Cara ke Sana: Dari Kota Mataram menuju Sembalun dibutuhkan waktu tempuh 4-5 jam. Dari Sembalun menuju kawasan wisata alam Bukit Pergasingan, Anda bisa menggunakan mobil atau motor. Lalu pendakian pun dimulai.

Menjelajahi Pantai Tersembunyi Paling Oke di Lombok

Jika Anda mengenal Lombok, pasti sudah tidak asing lagi dengan pantainya. Mungkin saja Anda pernah mendengar tentang Pantai Pink (yup, warnanya memang merah muda), Pantai Senggigi (resort ternama ada di sana), dan Pantai Kuta (tempat di mana sapi berkeliaran bebas). Namun itu hanyalah sedikit dari sekian banyak pantai yang ada di Lombok.

Faktanya, Lombok masih punya banyak sekali pantai tersembunyi yang hanya diketahui oleh masyarakat setempat. Pantai-pantai ini begitu indah, bersih dan sunyi, seakan-akan seperti pantai pribadi! Penasaran? Simak saja beberapa di antaranya:

5. Villa Hantu yang mendebarkan: Pantai Setangi

Sekilas, Pantai Setangi terlihat seperti surga impian, terutama jika Anda berdiri di sudut yang tepat. Garis pantai yang indah ditemani pohon kelapa serta pasir lembur dan laut lepas.

Pantai ini terlihat nyaris tak pernah tersentuh, Anda akan jarang bertemu dengan orang disepanjang pantai ini. Meski memiliki banyak nama (Setangi, Telu dan Tiga Pantai), semua sepakat bahwa pantai ini sungguh menakjubkan.

Photo Via Dtriad7,Eknovita

Jika Anda punya nyali yang tinggi, singgahlah ke Villa Hantu, di mana Anda akan mendapatkan pemandangan terindah di Setangi. Kedengarannya memang seram, tapi jangan sampai sebuah nama mengurungkan niat Anda menikmati keindahannya. Tempat ini sendiri sebetulnya merupakan konstruksi bangunan hotel yang terbengkalai.

Photo Via Kvnernst

Seiring dengan berjalannya waktu, semakin banyak pengunjung yang datang dan menambah sentuhan seni di dinding, seperti grafiti dan corat-coret yang anehnya membuat suasana sedikit lebih seram. Jika Anda bisa menaklukkan rasa takut, bukan tak mungkin foto-foto keren bisa Anda dapatkan di sini.

Photo Via Mimsuzair
Pantai Setangi

Tiket Masuk: Tidak ada biaya untuk masuk Villa Hantu, tapi Anda mungkin harus membayar parkir.Cara ke Sana: Villa Hantu terletak di Jalan Raya Senggigi, sebelum Pantai Nipah (jika Anda datang dari Mataram), di sisi kiri jalan.

6. Serasa berada di planet lain: Pantai Semeti

Pernah menonton film Superman? Ya, suasana di sekitar pantai ini mirip sekilas mirip sekali dengan Planet Krypton?

Photo via ClimaMgta
Photo via wan_thelone, idanurlaili91

Formasi bebatuan dan karang di sekelilingnya meruncing dan berlapis-lapis layaknya dinding kristal yang terdapat di Panet Krypton. Itulah mengapa pantai ini juga dijuluki Pantai Krypton.

Photo via Abu Ihsan al Atsary

Bahkan ada beberapa formasi karang yang bentuknya menyerupai piramida yang mencuat dari permukaan air laut.

Photo via wonderfullombok

Jalur menuju ke sini cukup terjal dan berliku, jadi kenakanlah alas kaki anti selip, karena Anda juga harus melewati tebing karang setinggi 20 meter.

Dan di balik tebing karang itulah fenomena alam Pantai Semeti yang lain daripada yang lain berada.

Pantai Semeti

Lokasi: Desa Mekar Sari, Kecamatan Praya Barat, Lombok Tengah
Cara ke Sana: Perjalanan dari Kota Mataram hingga ke Pantai Semeti memakan waktu 2,5 jam. Disarankan bila ke sini menggunakan motor saja, karena meski jalanan pantai bagus namun cukup sempit dan dapat menghambat waktu. Dari pos pembayaran retribusi tiket masuk ke kawasan pantai, ikuti jalurnya sepanjang 1 km kemudian ambil arah kiri menuju ke Pantai Semeti dan kanan jika ingin ke Pantai Mawi.  

7. Terjangan ombak yang menantang: Tanjung Poki

Jangan terlalu terpana oleh ombak besar yang bisa menghanyutkan ini.

Photo via rosishelmi

Meskipun asik mengagumi keindahan alam di sekitar Tanjung Poki, Anda tetap harus waspada akan hempasan ombak yang begitu besar. Bahkan saking besarnya, hempasan yang dihasilkan bisa mencapai ketinggan 10 meter ke udara!

Photo via Loetfi

Kondisi yang sedemikian ini otomatis membuat perairan di kawasan ini tidak aman untuk direnangi. Tapi Anda masih bisa menikmatinya dengan cara lain kok: memancing! Ya, rupanya ini adalah salah satu spot favorit para penggemar memancing. Malah sampai diadakan kompetisi mingguan segala.

Photo via DiskiEdinya

Di sekeliling pantai ini juga terdapat tebing-tebing karang yang seru untuk foto-foto.